Senin, 08 April 2013

Benarkah Wanita diciptakan dari tulang rusuk laki-laki?


Benarkah Wanita diciptakan dari tulang rusuk laki-laki?
Dan diantara tanda-tanda kekuasaan Allah ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Allah menjadikannya diantara kamu rasa kasih dan sayang..” (Ar-Rum 21)
Dari ayat tersebut sudah jelas bahwa wanita terbentuk dari asal yang sama dengan laki-laki, yaitu sesuai dengan Qs. Al-Mu’minun yang menjelaskan bahwa manusia tercipta dari tanah dengan beberapa tingkatannya dan yang tercipta dari tulang rusuk laki-laki adalah Hawa seorang. Lalu apakah filosofi dari perumpamaan hadist diatas yang menyatakan bahwa wanita diciptakan dari tulang rusuk laki-laki? Disini kita akan cermati tentang suatu kebenaran antara wanita dengan costa (tulang rusuk).
Berikut ini adalah fakta sifat tulang rusuk dengan wanita berdasarkan Anatominya. Costa yang terdiri dari 12 pasang, dibagi menjadi :
  • 7 pasang tulang rusuk sejati
  • 3 pasang tulang rusuk palsu, dan
  • 2 pasang tulang rusuk melayang.
Dari sini seorang wanita yang muslimah, dalam meniti hidupnya menuju jalan ke akhirat akan terbagi menjadi tiga, yaitu:
  • Seorang muslimah yang sejati (sholehah, perwujudan cinta sejati karena Allah)
  • Seorang muslimah yang palsu (muslimah yang memalsukan kesholehannya)
  • Dan seorang muslimah yang melayang (muslimah yang dapat dengan mudah terbawa arus perkembangan zaman artian yang seseungguhnya ghodzul fikr).
Mengapa nabi mengungkapkan kalimat tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas? Itu artinya semakin kebawah akan semakin kita temukan kebengkokan yang semakin berkurang. Dan Allah mengambil dari bahan tulang rusuk Adam yang paling sedikit kebengkokannya, sebagai bentuk ke Maha tahuan Allah atas kelemahan kaum lelaki yang tentu akan sangat sulit apabila diamanahi untuk meluruskan bagian yang paling bengkok. Karena itu dipilih bagian paling bawah, yang kebengkokannya paling sedikit agar jauh lebih mudah.
Indahnya makna yang disampaikan rasulullah yang menjadikan tulang rusuk sebagai gambaran bagaimana seorang laki-laki memperlakukan perempuan dengan sebaik-baiknya. Jika diluruskan sekaligus maka pasti ia akan patah namun apabila dia di biarkan dalam keadaan bengkok maka mereka tetap dalam kebengkokannya (gambaran sifat kenegatifan wanita yang merusak). Seorang laki-laki sholeh yang beristerikan wanita sholehah, berarti ia telah berhasil menggenapkan separuh dari agamanya.
MSF
Source : Dr.H. Muhammad Washfi, Menguak Rahasia ilmu kedokteran dalam Al-quran

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar